Kamis, 24 Agustus 2017

Latihan Penilaian Harian Ke-1 Semester Ganjil Kelas 5

Penilaian Harian (PH) Ke-1 Semester Ganjil
Kelas : 5
Tema : 1 ( Bermain dengan Benda-Benda Disekitar)


I. Bacalah terlebih dahulu teks bacaan berikut ini dan jawablah pertanyaan bacaan dengan tepat


Permainan Tradisional Petak Umpet
Permainan tradisional yang masih populer dan masih dimainkan oleh anak-anak adalah petak umpet. Banyak sekali permainan tradisional yang mungkin sekarang ini sudah tidak ada atau jarang sekali dimainkan oleh anak-anak karena banyaknya permainan yang didukung dengan teknologi yang canggih. Permainan tradisional ini tetap bertahan dan menjadi permainan tradisional yang masih dimainkan oleh anak-anak sekarang. Saat ini, permainan petak umpet masih dimainkan oleh anak-anak SD di beberapa sekolah. Banyak sekali hal-hal menarik yang membuat permainan ini masih digemari oleh kalangan anak-anak sampai saat ini.

Permainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang dan satu orang pemain yang kalah akan menutup matanya pada salah satu tempat yang dijadikan markas dan bertugas mencari pemain lain yang bersembunyi. Permainan ini harus dimainkan oleh banyak pemain itulah yang membuat anak-anak menyukainya selain itu bisa menambah kekompakan diantara pemain. Semakin banyak pemain maka permainan semakin seru. Permainan ini bisa dimainkan oleh anak perempuan maupun laki-laki jadi semua anak bisa ikut permainan ini.
Permainan ini tidak membutuhkan alat sehingga anak-anak bisa memainkannya kapan saja dan dimana saja. Biasanya paling sering dimainkan di lapangan sekolah karena halamannya yang luas dan banyak tempat yang bisa dijadikan tempat persembunyian. Karena alasan tersebut membuat banyak anak-anak memilih permainan ini untuk dimainkan saat istirahat apalagi tidak membutuhkan persiapan untuk memainkan petak umpet.
 Anak-anak yang memainkan permainan ini akan dipacu adrenalinnya karena setiap pemain yang bersembunyi harus mencari tempat persembunyian yang tidak bisa diketahui oleh penjaga. Jika tempat persembunyian diketahui oleh penjaga maka pemain yang bersembunyi harus cepat berlari dan menyetuh tempat yang menjadi markas penjaga. Jangan sampai penjaga tersebut berlari terlebih dahulu kemudian menyentuh markas sambil menyebut nama pemain yang ketahuan tempat persembunyiannya.


Soal lengkap >>Silahkan klik disini<<


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dalam berkomentar diharapkan menggunakan bahasa yang santun dan jelas ya.....
Dimohon tidak beriklan di sini!!!
Terima kasih