Sabtu, 03 Agustus 2024

Telaah Pembelajaran yang Menerapkan Prinsip Understanding by Design Pada Pembelajaran (PPG Guru Tertentu 2024)

  Assalamualaikum dan salam sejahtera untuk kita semua,

Bapak/Ibu guru hebat, pada kesempatan kali ini izinkan saya menelaah modul ajar dengan menggunakan prinsip Understanding by Design (UbD) dan dimohon Bapak/Ibu dapat memberikan pendapat terhadap hasil telaah tersebut.





Bapak/Ibu rekan-rekan guru setelah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Rekan-rekan dapat menelaah rancangan pembelajarannya Rubrik ini apakah dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD.  


Tabel 1.2 Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

Item Pernyataan

Sudah

Belum

Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep yang mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata.


Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik.


Saya mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata.


Saya merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka sendiri.


Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran.


Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan peserta didik.


Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran

Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran. 


Saya merancang rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis bukti kinerja. 


Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. 


Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran. 


Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik.


Saya mengumpulkan data asesmen untuk mengetahui perkembangan pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan.


Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran

Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran. 


Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara mendalam.


Saya memilih strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen.


Saya memilih model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran. 


Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata. 


Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal peserta didik. 


Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning. 


Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk mencapai konsep-konsep esensial.



Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist? Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?

Rancangan pembelajaran yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa prinsip-prinsip dasar perencanaan pembelajaran yang baik sudah dilaksanakan dengan baik. Pencapaian tujuan pembelajaran yang jelas, merancang asesmen yang relevan, dan merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik.

Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan Lebih Lanjut :

  • Sebaiknya saya dapat mengimplementasikan rencana secara konsisten dan fleksibel. Serta menyesuaikan rencana dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik.

  • Mengembangkan asesmen yang lebih variatif dan autentik dan juga melibatkan peserta didik dalam merancang proyek atau presentasi.

  • Dengan memanfaatkan teknologi serta menggunakan aplikasi atau platform online untuk mendukung pembelajaran.

  • Dengan melibatkan peserta didik dalam perencanaan. Sehingga dapat meningkatkan motivasi dan rasa memiliki mereka.

  • Melakukan refleksi diri secara rutin serta mengevaluasi setiap kegiatan pembelajaran untuk perbaikan terus-menerus.

  • Dan juga mendokumentasikan hasil belajar peserta didik dalam portofolio.


Mohon bantuan bapak/ibu guru hebat dapat memberikan tanggapan dari hasil telaah yang sudah saya lakukan. 

Saya mengucapkan terimakasih atas tanggapan bapak/ibu guru dari telaah video yang saya lakukan.


Mohon dapat menuliskan Nama Lengkap bapak/ibu dan institusi bapak/ibu mengajar 

Contoh :
Artaqiem Daydy, S.Pd.
SD Pembangunan Jaya

Isi Tanggapan ......


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dalam berkomentar diharapkan menggunakan bahasa yang santun dan jelas ya.....
Dimohon tidak beriklan di sini!!!
Terima kasih